Beberapa lagu tinggal lama dalam ingatan. Sebabnya bermacam-macam. Umumnya karena berhubungan dengan kenangan atau kejadian luar biasa di masa lalu. Ada satu lagu yang seperti itu dalam ingatan saya. Saya tak tahu judulnya, dan juga tak tahu siapa penyanyinya, namun selalu saya ingat liriknya ini: “I was born on the wrong side of the river”. Satu keadaan yang saya rasakan ketika pertama kali mendengar lagu itu pada tahun 1972 atau 1973. Saya lahir di tempat dan waktu yang salah!

Ketika itu usia saya 17 tahunan, dan merasa tak punya masa depan. Prestasi sekolah tidak bagus-bagus amat. Bahkan prestasi yang paling besar adalah jumlah bolos sekolah yang mungkin belum ada yang mengalahkan di dua SMA tempat saya pernah terdaftar: SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 5 Bandung. Dua sekolah yang bersebelahan di Jalan Belitung. Begitu pula kehidupan asmara, hal yang penting bagi remaja seusia saya ketika itu, yang tidak pernah berhasil. Lagu ini mewakili semua kegalauan dan ketidakpastian masa depan saya pada tahun-tahun itu.

Tapi saya tetap tidak ingat judul dan penyanyinya.

Malam ini saya iseng mencari di Youtube dengan kata kunci “The wrong side of the river”, ternyata ada 3 lagu dengan judul itu dengan penyanyi dan genre berbeda. Salah satunya adalah melodi yang tetap tinggal dalam ingatan saya itu. Ternyata lagu ini dinyanyikan oleh satu kelompok band dari Inggris, Mott The Hoople. Band yang terbentuk sejak tahun 1966 dan masih melakukan konser sampai tahun 2019, walaupun personilnya telah berganti-ganti. Ada yang meninggal, ada pula yang bosan dengan kelompok ini, ada pula yang ditendang karena dianggap pembawa sial. Kelompok ini hampir bubar pada 1971 karena album mereka tidak laku di pasar. Kemudian David Bowie, salah seorang fans mereka, meminjamkan lagunya “All the young dudes” kepada mereka. David bahkan menjadi produser single mereka ini yang kemudian meledak di pasaran musik. Mereka tidak jadi bubar, walaupun tidak pernah terkenal seperti banyak band Inggris lain pada jamannya.

Lagu “Wrong side of the river” ada di album ketiga mereka “Wildlife”. Wildlife direlease pada 1971, dan jeblok di pasar musik. Oleh karena itu anda mungkin tidak pernah mendengarnya!

https://www.youtube.com/watch?v=og8MEwVpm8s&list=PPSV
Mott The Hoople, Wrong side of the River (1971)